Kamis, 15 November 2012

Hasil Karya (Inovasi) Google


Inovasi adalah salah satu keunggulan Google. Dahulu kita hanya mengenal Google sebagai salah satu mesin pencari Search Engine terbaik (Sepertinya masih sampai sekarang), namun sekarang Google tidak hanya terbatas sebagai search engine. Jangan pernah takut mencoba, karena dari banyak percobaan kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik.
Berikut beberapa produk dan layanan dari Google.

•         Gmail

            Diluncurkan pada 1 April 2004. Layanan email gratis ini membutuhkan waktu tujuh tahun dalam pengembangannya sebelum diumumkan ke publik. Kelebihan layanan Gmail jika dibandingkan dengan layanan serupa (bener gak yach…) antara lain POP3 dan IMAP yang gratis, tampilan webmail yang user friendly dan kemampuan spam filter.

•         Google Earth

            Dikenal sejak tahun 2005 dengan mengakuisisi perusahaan Keyhole.inc. Penggabungan gambar via satelit, Graphical Information System (GIS) berbasis 3D dan Aerial Photography memungkinkan pengambilan gambar perspektif atau angle tertentu merupakan proses inti dari Google Earth. Pada Google Earth, Google kemudian melahirkan fitur-fitur lainnya seperti Google Sky (untuk melihat luar angkasa- http://www.google.com/sky), Google Ocean (untuk melihat dasar laut), Google Mars (untuk melihat planet Mars- http://www.google.com/mars) dan juga Google Moon (untuk melihat bulan- http://www.google.com/moon).

•         Android

            Android menawarkan sebuah platform dan operating system open source untuk perangkat mobile, untuk melahirkan produk ini, Google menggandeng perusahaan Android.inc. Fitur-fitur Android adalah data base SQlite, mendukung jaringan GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-fi.

•         Google AdSense

            Kalau yang ini pasti para blogger dan webmaster sudah mengetahui. Google AdSense merupakan ladang uang bagi para blogger dan webmaster yaitu dengan meletakan iklan dari Google di situs atau blog. Blogger dan webmaster akan mendapatkan uang (dollar) jika ada yang meng-klik iklan-iklan tersebut.


•         Google AdWords

            Hampir sama dengan AdSense, namun AdWords diperuntukan bagi pemasang iklan advertiser. Namun masih banyak orang yang masih bingung perbedaan antara Adsense dan AdWords. Mungkin untuk lebih mudahnya, kalimatnya seperti ini, ” Google membayar kita jika kita menaruh AdSense pada website atau blog kita dan kita membayar Google pada saat kita menaruh AdWords pada Google.

•         Blogger/ Blogspot

            Merupakan blog host yang sangat popular milik Google. Blogger sebenarnya merupakan ciptaan perusahaan Pyralabs yang diluncurkan pada tahun 1999. Kemudian (lagi) Google mengakuisisi pada tahun 2003. tidak heran jika Blogger kemudian menjadi populer yang sebelumnya bukanlah apa-apa.

•         Google Chrome

            Pertama kali diluncurkan pada bulan September 2008. Web Browser ini layanannya ditekankan pada kecepatan, keamanan, kestabilan, dan interface yang menarik. Namun sepertinya web browser Chrome masih kalah populer dibandingkan dengan Firefox atau Internet Explorer (IE) yang sudah duluan ngetop. Mengingat Chrome masih merupakan pendatang baru, pelanggan sebesar 1% merupakan suatu hal bisa dibilang luar biasa.

•         Picasa

            Merupakan aplikasi dari Google untuk mengorganisir dan mengedit foto-foto digital. Google (lagi-lagi) mengakuisisi Picasa dari Idelab pada tahun 2004, yang kemudian Google meluncurkan Picasa Web Albums (PWA) yang merupakan aplikasi web photo sharing  yang (bisa dikatakan) bersaing ketat dengan flickr.

•         Google Docs

            Merupakan aplikasi office online yang meliputi word processor, spreadsheet dan presentation. Google menggabungkan word processor dari writely dan aplikasi Google spreadsheetsnya.

•         Google Knol

            Knol muncul pada awal Desember 2007 dan sering disebut sebagai upaya dari Google untuk menyaingi wikipedia mengingat konsep dari Google Knol sama dengan konsep pada wikipedia, yaitu memberikan hak kepada kontributor untuk mengupdate dan mengedit isi dari Knol. Yang berbeda adalah, pada Knol, kontributor diijinkan untuk menuliskan komentarnya. Namun sayangnya komentar-komentar yang ada hanya berupa promosi atau bahkan memancing perdebatan.

•         Google Apps

            Merupakan penggabungan semua layanan dan produk dari Google menjadi satu bentuk layanan yaitu Google Apps, termasuk Google Mail, Google Talk, Google Calendar, Google Docs dan Google Sites.

•         Google Street

           Merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Ketika diluncurkan tanggal 25 Mei 2007, hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang ke lebih dari 40 kota AS, dan meliputi pinggiran kota, dan kota-kota terdekat.
Google Street View, ketika dioperasikan, menampilkan foto yang sebelumnya diambil oleh kamera di atas sebuah kendaraan, dan dapat dijelajahi menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse dengan menekan panah di layar. Menggunakan cara ini, foto dapat dilihat dalam berbagai ukuran, dari arah manapun, dan berbagai sudut. Garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang diikuti oleh jalan itu.


0 komentar: